Rabu, 21 November 2012

Pupur Basah

 Bedak Dingin (Pupur Basah)
Bedak dingin atau untuk orang kalimantan lebih popelur dengan sebutan pupur basah ternyata sudah banyak digunakan sejak ratusan tahun lalu, sekarangpun masih banyak wanita-wanita borneo yang menggunakannya setiap hari dirumah maupun saat bepergian keluar rumah.

Sayang penggunaannya sudah semakin ditinggalkan, terakhir sayapun hanya melihat wanita-wanita paruh baya berumur yang menggunakannya, jarang sekali perempuan muda menggunakan bedak dingin saat ini, ya mungkin karna efek bedak dingin yang membuat wajah seperti dimasker ini jika digunakan wajah akanterlihat cemong sehingga warisan kecantikan dari leluhur ini mulai ditinggalkan.

Cara penggunaannya sangat sederhana, satu biji bedak dingin cukup dicampur dengan air kemudian oleskan ke wajah dan leher, bisa juga keanggota badan seperti tangan dan kaki, efek dingin akan langsung terasa seketika, dan diyakini dengan menggunakan bedak dingin kulit akan terlindungi dari efek buruk sinar matahari.

Bagaimana sih cara pembuatan bedak dingin?
Pembuatannya sangat sederhana dengan cara merendam beras yang akan diolah dalam air selama semalam, kemudian air diganti dan direndam lagi selama 24 jam. Sampai beras hancur apabila ditekan, lalu ditiriskan dan diperas hingga airnya benar-benar kering.

Tahap selanjutnya tepung tersebut dicampur dengan rempah-rempah khas Banjar seperti bangsoye dan babakan, serta babanyun untuk aroma segar dan harum. Dapat juga ditambahkan kulit kayu bangkal sebagai pewarna kuning alami dari kulit kayu yang juga dapat membantu proses pengelupasan kulit ari kulit sekaligus pewangi ekstra.

Untuk aroma dapat dicampur dengan bunga mawar atau bunga tanjung. Campuran lainnya dapat juga dengan sari bengkoang untuk tujuan memutihkan kulit.

Setelah itu campuran tepung beras yang telah berisi rempah-rempah tersebut dibentuk bulat-bulat kecil. Proses pembentukannya biasanya pada malam hari, kemudian keesokan harinya dijemur dibawah matahari dan ditutupi dengan kain tipis, sehingga pecahnya bola beras ini tidak terjadi.

Khasiat apasih yang ada pada bedak dingin?
Beras mengandung vitamin B dan tiamin mampu mempertahankan kelembaban dan kesegaran kulit disaat matahari siang sangat terik menyengat, selain itu karena bahan bahan yang digunakan hasil dari alam otomatis tidak ada efek samping yang berarti selama menggunakan bedak dingin.

justru kandungan yang terdapat saat pencampuran beras seperti sari bengkoang dan bunga tanjung memiliki manfaat sendiri bagi kulit, jika dipakai secara teratur wajah akan terlihat lebih cerah, terhindak dari efek buruk sinar matahari dan kulit terasa lebih awet muda, namun untuk mendapatkan sejuta manfaat dari bedak dingin, sanggupkah anda memoles bedak kewajah hingga tampilan wajah terlihat cemong?

Kembali ke alam untuk hasil yang natural memang lebih baik, bahkan sekarang bedak dingin pun diolah secara modern oleh perusahaan kosmetik terkenal, biasanya dala bentuk masker yang berbahan dasar sama seperti bedak dingin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar